@uz5xi

scan my profile
Pengikut 0 Save Contact Ikut

Kematian Adalah Nikmat (Cover Baru)

5 bulan lalu

Yang berlebih, kelebihannya akan direnggut kematian. Yanjtaialnangan, kekurangannya akan diakhiri dengan kematian. Yang beEEgpJkupan, kecukupannya akan disudahi dengan kematian. Yang populer, kepopulerannya akan dirampas kematian. Yang tidak populerjuga akan berujung pada kematian. Jika kematian adalah kemestncsn, mengapa banyak orang gentar menghadapinya. Bahkan ada yang membuang-buang energi untuk menghindarinya.Dalam IsIam, kematian adalah salah satu tahapan perjalanan yang pasti dUaki+oleh semua manusia. Jika dipahami dan disikapi dengan cara yang sesungguhnya kematian adalah nikmat yang patut disyukgcL Inilah poin penting yang ingin disampaikan penulis, M. Quraisfi Shihab, dalam buku ini. Lewat penelusuran terhadap pandangan pelbagai kalangan, mulai dari filosof, ilmuwan, agamawan, dan tentu saja al-Qur'an, penulis hendak menegaskan bahwa tak ada manusia yang luput dari kematian. Percuma saja menghindarinya. Cara terbaik menghadapinya adalah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Karena dengan kematian sesungguhnya manusia tengah memasuki babak baru dalam kehidupannya.

Doa Dalam Al-Quran Dan Sunnah

5 bulan lalu

Dalam doa, manusia merasakan secara mendalam benti hubungannya dengan Allah. Doa adalah komunikasi yang paling intim antara manusia dan Allah. Itulah sebabnya Allah sendiri mengajarkan cara dan isi doa bahkan kadang meluruska isi doa yang salah. Doa juga tidak mesti dipahami dalam pengertii meminta, apalagi memaksa kepada Allah. Dalam Al-Quran,Allah mengisahkan dan memberitakan ucapan doa-doa para nabi dan rasul agar umat manusia belajar apa yang menjadi kegelisahan mereka, apa redaksi doa mereka, bagaimana adab mereka dalam berdoa, dan sikap mereka atas berbagai permohonan kepada - Allahsekaligus menunjukkan derajat mereka. Manusia modern, dengan sains dan teknologinya, memang sudah mencapai sekian kemajuan, kemudahan, juga kemakmuran. Namun, setiap manusia dalam perjalanan hidupnya, betapapunhebat dan kuasanya ia, tidak dapat melepaskan diri dari rasa cemas dan harap. Kecemasan yang tidak dapat dielakannya atau harapan yang tidak dapat dipenuhinya kendati memohon pertolongan kepada apa dan siapa pun selain kekuatan gaib (Tuhan) yang terpendam dalam sanubari setiap insan, kuat atau lemah.Buku ini bukan sekadar kumpulan doa atau adab berdoa, tapi berusaha menyajikan makna doa sebagaimana dilakukan para nabi, rasul, dan orang-orang mukmin.

Para Pembentuk Peradaban Islam: Seribu Tahun Pertama (HC)

5 bulan lalu

SinopsisSelama seribu tahun pertama, para pemikir agama, pemimpin politik, ahli hukum, penulis, saintis, dan filsuf telah membentuk peradaban Islam. Siapa sajakah mereka? Seperti apa kehidupan mereka? Dan bagaimana cara mereka memengaruhi dunia?Dalam buku ini, sejarawan Chase F. Robinson menelusuri tradisi panjang dalam keilmuan Muslim untuk menuliskan biografi tokoh-tokoh Muslim terkemuka. Dimulai dari Nabi Muhammad pada abad ke-7 hingga era Timur Lang menaklukkan dunia dan masa kejayaan Imperium Utsmani di bawah Sultan Mehmed II pada abad ke-15. Dari jantung Islam di Mekkah, lalu menjangkau Afrika Utara dan Iberia di barat hingga ke Asia Tengah dan Timur, Robinson menelusuri kebangkitan dan kejatuhan negara-negara Islam tak hanya melalui sosok pemimpin politik dan militer yang bekerja mengamankan atau memperluas kekuasaan, tetapi juga mereka yang mengembangkan hukum Islam, ilmu pengetahuan, dan kesusastraan. Selain tokoh terkenal yang mewarnai lanskap inisemisal Ali bin Abu Thalib; pahlawan era Perang Salib, Shalahuddin; atau penyair Rumiada pula tokoh kurang terkenal seperti Ibnu Fadlan, yang perjalanannya di Eurasia membawa catatan menarik tentang Vasiga Volga kepada Khalifah Abbasiyah; Karimah al-Marwaziyya, cendekiawan wanita abad ke-11 ahli sunnah Nabi; juga Abu al-Qasim Ramisht, pedagang kaya raya abad ke-12. Dari sini, tampaklah potret menarik masyarakat Islam dalam suatu narasi yang kaya dan beragam.Inilah bacaan mencerahkan bagi siapa saja yang ingin belajar lebih banyak ihwal peradaban Islam awal. Dilengkapi banyak ilustrasi dan peta, buku ini secara gamblang menggambarkan kehidupan di semua lini dunia Islam pra-modern.

Powered by REF.ID